Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 15, No 33 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBANTUAN APLIKASI SEVIMA EDLINK

Asih Rosanti (Universitas Islam Malang)
Alifiani Alifiani (Universitas Islam Malang)
Isbadar Nursit (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan dan manakah yang lebih baik antara kemampuan berpikir kritis matematis kelas eksperimen dan kelas kontrol, untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis kelas eksperimen dan kelas kontrol serta keterkaitan antara hasil data analisis kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mix methods) dengan desain sequential explanatory yaitu menganalisis hasil data kuantitatif pada tahap pertama dan menganalisis hasil data kualitatif pada tahap kedua. Jenis penelitian yaitu quasi experimental design yang menggunakan teknik pengambilan sampel dengan Convenience Sampling. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas VIII di MTsN 1 Buleleng, sampel pada penelitian ini adalah kelas VIIID dan VIIIF. Instrumen yang digunakan pada penelitian kuantitatif berupa  pretest dan posttest, sedangkan pada penelitian kualitatif berupa observasi, catatan lapangan dan wawamcara. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif diperoleh nilai Sig = 0,024 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk uji satu pihak kemampuan berpikir kritis matematis diperoleh thitung > ttabel atau 2,333 > 2,012 dengan df = 46 yang artinya kemampuan berpikir kritis matematis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sedangkan analisis data kualitatif menunjukkan bahwa subjek penelitian kelas eksperimen lebih menguasai indikator-indikator kemampuan berpikir kritis matematis, sehingga keterkaitan hasil analisis kuantitatif dan kualitatif dapat mendukung, melengkapi, dan memperkuat hasil analisis data kuantitatif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...