Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 16, No 32 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE BERBANTUAN VIDEO SMOOTHDRAW PADA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII

Fedrik Andhika Firmansyah (Unknown)
Isbadar Nursit (Unknown)
Alifiani Alifiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2022

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline berbantuan video SmoothDraw pada materi garis dan sudut kelass VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian pengembangan ini meliputi ahli media, ahli desain dan media pembelajaran, 3 praktisi, dan 10 pengguna (user) dari MTs Negeri 4 Malang. Analisis data dalam penelitian pengembangan ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor angket validasi produk dan data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran pada angket validasi produk. Berdasarkan hasil penelitian, pada analisis kebutuhan terhadap 5 guru dan 73 peserta didik, secara berturut-turut diperoleh persentase sebesar 85% dan 83,1%, sehingga diperoleh kesimpulan guru dan peserta didik membutuhkan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis data validasi ahli dan praktisi diperoleh rata-rata per validator ahli media adalah 3,83; rata-rata per validator ahli desain dan media pembelajaran adalah 3,75; dan rata-rata per validator praktisi adalah 3,65. Sehingga, diperoleh rata-rata dari semua validator ahli dan praktisi adalah 3,74. Sehingga, dapat disimpulkan jika produk dinyatakan valid dan tidak memerlukan revisi. Pada validasi uji coba pengguna (user) yang melibatkan 10 peserta didik kelas VII, diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 3,55. Sehingga, dapat disimpulkan jika produk dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran interaktif, articulate storyline, video smoothdraw, garis dan sudut AbstractThe purpose of this research is to produce interactive learning media using Articulate Storyline assisted by SmoothDraw video on line and angle material for class VII. This research is a development research that uses the ADDIE development model which includes 5 stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The subjects in this development research include media experts, design and learning media experts, 3 practitioners, and 10 users from MTs Negeri 4 Malang. Data analysis in this development research is quantitative and qualitative data analysis. Quantitative data obtained from the product validation questionnaire scores and qualitative data obtained from comments and suggestions on the product validation questionnaire. Based on the results of the study, in the needs analysis of 5 teachers and 73 students, the percentages of 85% and 83.1% respectively were obtained, so that it was concluded that teachers and students needed interactive learning media to be developed. Based on the results of expert and practitioner validation data analysis, the average validator per media expert was 3.83; the average per validator of design experts and learning media is 3.75; and the average per practitioner validator is 3.65. Thus, the average of all expert and practitioner validators is 3.74. So, it can be concluded if the product is declared valid and does not require revision. In the validation of the user trial involving 10 students of class VII, the overall average was 3.55. So, it can be concluded if the product is declared valid and can be used in the learning process. Keyword: development, interactive learning media, articulate storyline, video smoothdraw, lines and angels

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...