Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 15, No 33 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal dengan Literasi Digital pada Materi Statistika Kelas VIII SMP

Siti Aris Hidayati (Universitas Islam Malang)
Mustangin Mustangin (Unknown)
Siti Nurul Hasana (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal dengan literasi digital pada materi statistika kelas VIII SMP. Pendekatan yang digunakan penelitian ini yaitu kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan cara purposive (bertujuan) berdasarkan pada prinsip volunteer based (kesukarelaan). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP yang berdomisili di Kecamatan Kudu dan telah mendapatkan materi staistika. Subjek penelitian yang dipilih selanjutnya dikategorikan dalam kemampuan berpikir kritis tinggi, sedang, dan rendah yang dilihat dari hasil tes kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik untuk menguji kredibilitas/validitas data dengan membandingkan kemampuan berpikir kritis dari hasil tes dan wawancara. Setelah data kredibel/valid maka dilakukan analisis data untuk memperoleh kesimpulan kemampuan berpikir kritis peserta didik sesuai dengan kategorinya. Hasil penelitian ini yaitu peserta didik yang masuk kategori kemampuan berpikir kritis tinggi mampu memenuhi lima indikator dengan baik, peserta didik masuk kategori kemampuan berpikir kritis sedang mampu memenuhi satu indikator dengan baik, dua indikator cukup baik, dan dua indikator kurang baik dan peserta didik masuk kategori kemampuan berpikir kritis rendah mampu memenuhi satu indikator dengan baik, satu indikator cukup baik, dan tiga indikator kurang baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...