Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 17, No 14 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran

ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MATERI SPLDV PESERTA DIDIK KELAS X MAN 1 PROBOLINGGO

Widya Iswara Wardani (University of Islam Malang)
Zainal Abidin (Unknown)
Yuli Ismi Nahdiyati Ilmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang memiliki gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV kelas X MAN 1 Probolinggo; (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang memiliki gaya belajar auditori dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV kelas X MAN 1 Probolinggo; (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV kelas X MAN 1 Probolinggo. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Probolinggo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan wawancara. Sumber data penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MIPA 2 MAN 1 Probolinggo sebanyak 26 orang. Subjek penelitian ini terdiri dari enam peserta didik yaitu dua peserta didik pada gaya belajar visual, dua peserta didik pada gaya belajar auditori, dan dua peserta didik pada gaya belajar kinestetik. Pemilihan subjek berdasarkan hasil angket gaya belajar. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu (1) peserta didik pada gaya belajar visual memiliki kemampuan koneksi matematis pada materi SPLDV dengan kategori tinggi. (2) peserta didik pada gaya belajar auditori memiliki kemampuan koneksi matematis pada materi SPLDV dengan kategori sedang. (3) peserta didik pada gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan koneksi matematis pada materi SPLDV dengan kategori sedang. Kata kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, SPLDV, Gaya Belajar AbstractThis study aims (1) to describe the mathematical connection ability of students who have a visual learning style in solving story problems in the material for SPLDV class X MAN 1 Probolinggo; (2) To describe the mathematical connection ability of students who have an auditory learning style in solving story problems in the material for SPLDV class X MAN 1 Probolinggo; (3) To describe the mathematical connection ability of students who have a kinesthetic learning style in solving story problems in the material for SPLDV class X MAN 1 Probolinggo. This research was conducted in MAN 1 Probolinggo. The approach used in this research is qualitative with qualitative descriptive research. Data collection techniques used in this study were questionnaires, tests, and interviews. The data sources of this research were 26 students of class X MIPA 2 MAN 1 Probolinggo. The subjects of this study consisted of six students, namely two students in the visual learning style, two students in the auditory learning style, and two students in the kinesthetic learning style. Subject selection is based on the results of the learning style questionnaire. Test the validity of the data is done by triangulation techniques. Data analysis was carried out by means of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study are (1) students in the visual learning style have the ability to connect mathematically to the SPLDV material with a high category. (2) students in the auditory learning style have the ability to connect mathematically to the SPLDV material in the medium category. (3) students in the kinesthetic learning style have the ability to connect mathematically to the SPLDV material in the medium category. Keywords: Mathematical Connection Ability, SPLDV, Learning Style

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...