Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII SMP pada materi Segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitiatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngoro. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahap-tahap berikut yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis di antara 6 subjek penelitian yang sudah diteliti memiliki kemampuan berpikir kritis yang berbeda antara satu dengan yang lain. Perbedaan dari masing-masing subjek bisa dilihat dari indikator yang sudah dicapai dari masing-masing subjek.
Copyrights © 2020