Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kemampuan translasi representasi verbal ke grafik pada materi statistika kelas VII MTs hidayatul Mubtadi’in yang ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu 13 siswa kelas VIIC MTs Hidayatul Mubtadi’in tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan translasi representasi verbal ke grafik, angket.gaya belajar, dan pedoman wawancara. Subjek penelitian 3 siswa. Siswa yang dipilih adalah siswa yang memiliki nilai angket gaya belajar yang paling dominan. Hasil penelitian ini menunjukkan S1 memenuhi indikator yaitu identifikasi sumber dan mengonstruksi target. S2 memenuhi indikator yaitu identifikasi sumber dan mengonstruksi target. S3 memenuhi indikator yaitu identifikasi sumber, koordinasi awal dan mengonstruksi target. Penelitian lebih lanjut dapat mengembangkan penelitian pada kemampuan translasi representasi yang lain. Seperti grafik ke verbal, verbal ke simbolik, simbolik ke verbal dan lain sebagainya. Kata kunci: Statistika, Tranlslasi Representasi, Gaya Belajar.
Copyrights © 2022