Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penerapan Model Kooperatif Tipe Time Token Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Kelas Rendah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nurhaswinda Nurhaswinda (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika kelas rendah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token. Terdapat 7 indikator yang diukur dalam penelitian ini yaitu kemampuan berbagi, kemampuan menghargai, kemampuan menolong, kemampuan mengikuti petunjuk, kemampuan mengontrol emosi, kemampuan penyampaian pendapat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah mahamahasiswa pendidikan guru sekolah dasar yang berjumlah 36 mahamahasiswa. Tahapan siklus dalam penelitian ini menggunakan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe time token dapat meningkatkan pemahamankonsep matematika kelas rendah. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan pada siklus I dari 36 mahasiswa, diketahui bahwa pemahamankonsep matematika kelas rendah mahamahasiswa yang termasuk kategori tuntas mencapai 14 mahasiswa (38.8%). Hasil siklus I ke siklus II mengalami peningkatan pemahamankonsep matematika kelas rendah mahamahasiswa kategori tuntas menjadi 32 mahasiswa (88.8%). Temuan dari pemahamankonsep matematika kelas rendah adalahmahamahasiswa menemukan konsep yang berbeda-beda dalam mengerjakan soal matematika kelas rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...