Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Efektivitas Finger Painting untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan pada Anak Gangguan Spektrum Autisme

Tri Aprilia Diningsih (Universitas Negeri Padang)
Rahmahtrisilvia Rahmahtrisilvia (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Anak gangguan spektrum autisme memiliki keterampilan motorik halus yang rendah sehingga mempengaruhi kemampuan menulis permulaan. Penelitian membahas efektivitas finger painting untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak gangguan spektrum autisme. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Penelitian bertujuan membuktikan efektivitas finger painting untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak gangguan spektrum autisme. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis visual grafik. Hasil analisis data dari 16 kali pengamatan dan dalam 3 kondisi yaitu baseline pertama (A1) dengan 4 kali pertemuan memperoleh hasil 0%, 20%, 20%, dan 20%. Pada intervensi (B) dengan 8 kali pertemuan memperoleh hasil 30%, 30%, 40%, 50%, 60%, 70%, 70%, dan 70%. Terakhir pada baseline kedua (A2) dengan 4 kali pertemuan memperoleh hasil 90%, 100%, 100%, dan 100%. Hasil penelitian menunjukkan finger painting efektif untuk meningkat kemampuan menulis permulaan pada anak gangguan spektrum autisme di SLB Assyifa Umaimah Dumai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...