Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Perancangan Usulan Model Bisnis Coffee Shop XYZ Menggunakan Metode Business Model Canvas

Nur Hapsah Maulidia (Universitas Telkom)
Endang Chumaidiyah (Universitas Telkom)
Muhammad Almaududi Pulungan (Universitas Telkom)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2022

Abstract

Coffee Shop XYZ merupakan salah satu kedai kopi (coffee shop) yang berada di Bojongsoang, Bandung yang menawarkan produk coffee dan non coffee. Segmen pelanggan dari Coffee Shop XYZ adalah mahasiswa Telkom University dan masyarakat sekitar. Saat ini terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh Coffee Shop XYZ yang dikelompokkan dengan menggunakan blok Business Model Canvas yaitu pada value proposition, customer segment, dan key activities.. Pada blok value proposition yaitu banyaknya jumlah kopi di Kota Bandung terutama di Bojongsoang sehingga perlu adanya inovasi yang dapat menjual ke konsumen. Pada blok customer segment yaitu segmen dari Coffee Shop XYZ hanya tertuju pada mahasiswa dan masyarakat sekitar. Pada blok key activities pegawai Coffee Shop XYZ bekerja tidak sesuai jadwal yang menyebabkan terhambatnya suatu shift dalam pengerjaan produk. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan usulan model bisnis yang ada pada Coffee Shop XYZ dengan menggunakan metode Business Model Canvas. Dalam melakukan perancangan model bisnis ini, data yang dikumpulkan adalah model bisnis eksisting, customer profile, dan analisis lingkungan bisnis. Kemudian tahap selanjutnya adalah melakukan analisis SWOT dengan menggunakan data yang telah didapatkan. Setelah melakukan tahap tersebut dapat diketahui kelebihan dan kekurangan dari Coffee Shop XYZ yang mengarah pada 9 blok model bisnis kanvas untuk merancang usulan model bisnis Coffee Shop XYZ. Hal tersebut dapat berguna dalam mengembangkan model bisnis yang ada dan dapat menjadi usulan Business Model Canvas baru pada Coffee Shop XYZ. Hasil usulan yang didapatkan adalah pada customer segment terdapat usulan Instansi Pemerintahan dan Perusahaan, pada customer relationship adalah loyalitas ke pelanggan, pada value proposition adalah variasi ukuran gelas produk dan tata ruang Coffee Shop XYZ yang modern dan minimalis, pada key activities adalah pembuatan SOP kontrak bisnis dan evaluasi kinerja karyawan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...