Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Tari Kijang di TK IT Al-Wasiilah

Nisa Dzurun Gola (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Elan Elan (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Rosarina Giyartini (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun melalui pembelajaran tari kijang. Metode yang digunakan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun di TK IT Al-Wasiilah yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model desain Kemmis dan MC Taggart yang memiliki empat tahapan penelitian yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan kinestetik anak tahap siklus I ada pada kategori mulai berkembang (MB) dengan presentase 64,71 %. Tahap siklus II ada pada kategori mulai berkembang (MB) dengan presentase 70,58 % dan kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dengan presentase 29,41 %. Tahap siklus III ada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dengan presentase 41,18 % dan berkembang sangat baik (BSB) dengan presentase 58,82 %. Kemampuan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun melalui pembelajaran tari kijang sudah optimal terlihat dari kemampuan anak dalam gerakan terkontrol, lincah, seimbang, dan koordinasi mata-tangan-kaki-kepala.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...