Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pedoman Media Biblio Edukasi Berbasis Identifikasi Maladjusment Konseling Rebt

Iffah Abdilah Berlian (Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora)
Rahma Wira Nita (Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora)
Triyono Triyono (Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang memiliki tingkah laku salah suai atau Maladjusment dalam aktifitas sehari-harinya. Perilaku tersebut diantaranya peserta didik tidak mau ditegur orang lain, bergantung pada orang lain dan minder. Tujuan dari penelitian ini untuk:1) Mendeskripsikan prilaku maladjustment remaja dari konseling analisis transaksional dilihat dari tiga indikator. 2) menguji media biblio edukasi yang dapat diterima secara teoritis. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (R&D),Langkah-langkah dalam penelitian ini peneliti membatasi 5 langkah pengembangan, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain (di validasikan oleh 3 dosen penguji), (5) revisi desain. ni populasi penelitian ini peserta didik di SMA Negeri 1 Lintau Buo berjumlah 657 peserta didik dengan sampel pada penelitian sebanyak 81 peserta didik diambil menggunakan teknik purposive simple random sampling. Data Penelitian diproleh melalui angket dan diolah dengan teknik skor interval. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Maladjusment remaja berbasis konseling analisis transaksional secara keseluruhan berada pada kategori sangat banyak dengan presentase 64,20% (2) Berdasarkan hasil uji validasi dari 3 orang dosen dengan hasil rata rata 3,35 maka media biblio berbasis identifikasi maladjustment konseling analisis transaksional pada kelas X dan XI di SMAN 1 Lintau Buoyang telah dikembangkan layak digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...