Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang ditemukan pada penggunaan past participle dalam menulis teks recount di kelas delapan SMP Karya Utama Dolok Masihul dan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa pada penggunaan past participle dalam menulis teks recount. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen tes. Untuk menganalisis data melibatkan empat langkah yaitu: mengidentifikasi kesalahan, menggambarkan kesalahan, meringkas temuan wawancara. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, penulis menemukan terdapat 9 kesalahan penghilangan, 7 kesalahan penambahan, 38 kesalahan pembentukan, dan tidak ada kesalahan urutan pada setiap kategori masing-masing siswa kelas VIII di SMP Karya Utama membuat beberapa kesalahan dalam kategori yang tercantum di atas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022