Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

An Error Analysis On The Use Of Past Participle In Writing Recount Text At The Eight Grade Of SMP Karya Utama Dolok Masihul

Trimorifa Pasaribu (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Maria Santi Feronica (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Wilda Agraini Siahaan (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Sahlan Tampubolon (Universitas HKBP Nommensen Medan)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang ditemukan pada penggunaan past participle dalam menulis teks recount di kelas delapan SMP Karya Utama Dolok Masihul dan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa pada penggunaan past participle dalam menulis teks recount. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen tes. Untuk menganalisis data melibatkan empat langkah yaitu: mengidentifikasi kesalahan, menggambarkan kesalahan, meringkas temuan wawancara. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, penulis menemukan terdapat 9 kesalahan penghilangan, 7 kesalahan penambahan, 38 kesalahan pembentukan, dan tidak ada kesalahan urutan pada setiap kategori masing-masing siswa kelas VIII di SMP Karya Utama membuat beberapa kesalahan dalam kategori yang tercantum di atas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...