Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengembangan Permainan Ular Tangga Berbasis Audio Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Kelompok B Di TKTunas Karya Kota Pagar Alam

Asri Purwanti (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Kristina Imron (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Kurnia Dewi (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengembangan Permainan Ular Tangga Berbasis Audio Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Kelompok B di TK Tunas Karya Kota Pagar Alam”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan permainan yang bervariasi yang diupayakan untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada anak kelompok B di TK Tunas Karya kota Pagar Alam yang masih rendah terkait dengan berhitung permulaan. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana permainan ular tangga berbasis audio untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada anak kelompok B di TK Tunas Karya kota Pagar Alam yang valid, praktis dan efektiv yang bertujuan untuk meningkatkan perkembangan kognitif dan menarik minat anak dalam belajar berhitung. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan Research And Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE dan terdapat 5 langkah yaitu: 1). Analisis (Analysis), 2). Desain (Design), 3). Pengembangan (Development), 4). Implementasi (Implementation), 5). Evaluasi (Evaluation). Berdasarkan dari hasil penelitian penilaian produk ini mendapat kategori “sangat valid” dengan hasil validasi ahli media 96%, validasi materi 95% dan validasi bahasa 85%. Sedangkan untuk kategori “sangat praktis” dengan hasil uji coba kelompok kecil 85% dan uji coba kelompok besar 87% serta untuk hasil uji keefektifan dengan melakukan pretest sebelum penggunaan 42% dan hasil posttest 86% kategori efektif serta permainan ular tangga berbasis audio berpengaruh dalam meningkatan perkembangan kognitif pada anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...