Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penggunaan Bahasa Iklan untuk Meningkatkan Penjualan Produk pada Media Sosial Instagram

Wahyu Asriyani (Universitas Pancasakti Tegal)
Ai Djamilatul Wahidah (Praktisi Sosial Media dan Informasi)
Fifit Solihatun (Praktisi Bahasa Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2022

Abstract

Dampak Era Revolusi Industri yang kini telah memasuki “Society 5.0” tentu memiliki pengaruh pada lini usaha bisnis. Pesatnya perkembangan media sosial (medsos) yang ada turut memengaruhi pada metode penjualan era masa kini. Berbagai medsos yang ada tentunya dapat dijadikan sebagai pintu untuk menjual sesuatu. Salah satu medsos yang dapat digunakan sebagai pintu dagang tersebut ialah Instagram. Berdasarkan rilisan Hootsuite terdapat sekitar 1,4 miliar pengguna Instagram. Kemudian di Indonesia sendiri berdasarkan hasil survei yang diterbitkan oleh Populix didapati data yang menunjukkan bahwa Instagram dengan persentase sebesar 93% berhasil menempati posisi kedua sebagai platform medsos yang paling banyak digunakan responden setelah Youtube. Penggunaan Instagram sebagai metode penjualan tentunya mempermudah para penjual dalam mengiklankan produk/jasa mereka. Pada sisi lainnya penjual juga diuntungkan karena terminimalisirnya aspek lain seperti biaya promosi, waktu, dan tenaga. Berbagai keuntungan tersebut dapat diperoleh hanya dengan penggunaan Instagram. Adapun salah satu iklan bisnis di Instagram dapat kita lihat contohnya pada akun Bittersweet by Najla. Dalam mengiklankan suatu produk tentu memerlukan bahasa yang baik dan benar agar dapat menarik orang menjadi pembeli terhadap apa yang telah ditawarkan. Selanjutnya guna membahas lebih mendetail fenomena yang terjadi, pada penelitian ini penulis akan menggunakan metode kualitatif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...