Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Kualitas Pelayanan Pada PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Dumai

Variza Aditiya (STIA LANCANG KUNING DUMAI)
Lili Suryani (STIA LANCANG KUNING DUMAI)
Ranny Riskia Sapni (STIA LANCANG KUNING DUMAI)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan pada PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Dumai dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Dumai. Penelitian deskriptif ini menggunakan 4 indikator untuk mengukur kualitas pelayanan yaitu keandalan (reability), kesadaran (awareness), perhatian (attention) dan ketepatan (acuracy). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan dan konsumen PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Dumai dengan jumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan metode sampling jenuh untuk karyawan dan menggunakan metode sampling kebetulan untuk konsumen. Jenis Data dalam penelitian ini adalah data primer dan dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. analisa data menggunakan statistik deskriptif dengan pengukuran data menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan analisis kualitas pelayanan pada PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Dumai dapat dikategorikan baik. Kenyataan ini terbukti pada penelitian 100 responden penelitian diperoleh total skor 2.673 dan berada pada Interval 2400-3600. Adapun faktor pendukung dalam analisis kualitas pelayanan pada PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Dumai. Terdapat kemampuan karyawan dalam memberikan pelayanan sesuai dengan standar waktu, terdapat kemampuan karyawan untuk memberikan pelayanan yang sama pada konsumen, terdapat kemampuan karyawan untuk memahami kebutuhan konsumen atas pelayanan yang diinginkan & terdapat kondisi pemberian pelayanan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Sedangkan faktor penghambat dalam Analisis Kualitas Pelayanan pada PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Dumai adalah kurangnya kemampuan karyawan yang mampu menerima keluhan konsumen atas setiap pelayanan & kurangnya kemampuan dalam melayani dan memberikan bantuan kepada konsumen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...