Dalam 20 tahun terakhir, pemanfaatan internet menjadi sebuah alat berkompetisi dan komunikasi telah disadari oleh praktisi dan akademisi. Pada industri pariwisata, internet menjadi media pemasaran yang efektif bagi perkembangan homestay hal ini didukung oleh studi TripAdvisor dan Ipsos MORI (2019) yang menunjukkan bahwa 72% wisatawan membaca ulasan di internet sebelum membuat keputusan dimana akan tinggal, makan atau hal yang ingin dilakukan. Berdasarkan latar belakang, maka permasalahan penelitian ini difokuskan pada dimensi kepuasan wisatawan dalam menggunakan homestay di Ubud berdasarkan studi netnografi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif berupa studi netnografi melalui ulasan yang ditulis oleh wisatawan nusantara pada halaman Google milik homestay yang ada di Kecamatan Ubud. Hasil penelitian menunjukkan aspek positif yang menciptakan kepuasan wisatawan nusantara dalam menggunakan homestay di Ubud adalah: (1) Harga menginap yang murah, (2) Pemilik dan keluarga penyedia homestay yang ramah, (3) Kamar homestay yang bersih, (4) Lingkungan homestay yang nyaman dan tenang, (5) Perhatian oleh pemilik homestay kepada tamu yang menginap, (6) Pengalaman berinteraksi dengan kebudayaan masyarakat lokal, dan (7) Lokasi homestay yang strategis. Studi netnografi menunjukkan bahwa aspek positif yang dirasakan menunjukkan adanya indikasi loyalitas pengguna homestay di Ubud yakni Repeat Purchase, Retention dan Referrals.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022