Banyak cara yang telah dilakukan dalam mengajarkan kesenian musik tingkat dasar pada peserta didik, mulai dari penjelasan teori-teori yang meliputi pengenalan nama-nama alat musik, cara memegang alat musik sampai kepada cara memainkan alat musik yang benar. Namun saat pelaksanaan kegiatan praktiknya banyak peserta didik yang merasa tidak percaya diri dalam memulai bermain alat musik dan membuat pembelajaran menjadi tidak efektif. Hal tersebut dapat disebabkan oleh (1) ketidakpahaman mereka tentang ritme yang membuat mereka tidak nyaman ketika diharuskan bermain dengan memperhatikan tempo; (2) kurangnya pengenalan tentang harmoni yang membuat kelas menjadi gaduh saat pembelajaran musik berlangsung; (3) tidak adanya media pembelajaran yang baru dalam mendukung pembelajaran pengenalan ritme dan harmoni. Permasalahan tersebut menuntut peran dari pendidik untuk memanfaatkan media audio visual seperti laptop, LCD, dan speaker aktif dalam proses pembelajannya. Pendidik dituntut mampu mengoprasikan ketiganya secara bersamaan guna membantu dalam memperkenalkan sekaligus mempraktikan ritme dan harmoni kepada peserta didik. Dengan media yang baru, peserta didik dapat lebih aktif dan lebih tertib dalam kelas. Pembelajaran musik dalam kelas akan dirasa sangat megasyikkan serta memberikan kesan yang sangat baik untuk peserta didik. Dengan begitu, tujuan dalam pembelajaran seni musik tingkat dasar khususnya pada permasalahan ritme dan harmoni akan tercapai.
Copyrights © 2022