Jurnal Citizenship Virtues
Vol. 2 No. 1 (2022): Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pendidikan Karakter dan Perilaku Hidup

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di MI Uswatun Hasanah Kampung Manceri Ciguded Kabupaten Bogor

Sri Rahayu Pudjiastuti (Unknown)
Devi Tresnasenjaya (Magister PPKn STKIP Arrahmaniyah Depok)
Achmad Hery (Magister PPKn STKIP Arrahmaniyah Depok)
Ravensca Oktora Angelica Ishak (Magister PPKn STKIP Arrahmaniyah Depok)
Nenden Rosidawati (Magister PPKn STKIP Arrahmaniyah Depok)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di MI Uswatun Hasanah Kampung Manceri, Ciguded, Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literature, dengan responden para siswa, guru, Kepala Sekolah dan pengurus Yayasan MI Uswatun Hasanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Sarana sanitasi lingkungan di MI Uswatun Hasanah meliputi sarana air bersih, sarana jamban, sarana pembuangan sampah, sarana cuci tangan sebanyak 50% kategori baik dan 50% kurang baik . (2) Siswa yang memiliki pengetahuan baik sebanyak 73% dan yang memiliki pengetahuan kurang baik sebanyak 27% . (3) Siswa yang memiliki sikap baik sebanyak 60% dan yang memiliki sikap kurang baik sebanyak 40% (4) Siswa yang memiliki perilaku baik sebanyak 56% dan yang memiliki perilaku kurang baik sebanyak 44%. (5) Pemahaman pihak sekolah terkait dengan peraturan kesehatan lingkungan di sekolah masih kurang, sehingga untuk kondisi fasilitas sanitasi sekolah banyak yang belum memenuhi syarat. (6) Dukungan sekolah untuk mewujudkan PHBS di sekolah masih kurang, tidak ada kebijakan untuk mewujudkan PHBS di sekolah, serta tidak ada materi PHBS dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

citizenshipvirtues

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Citizenship Virtues is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state-of-the-art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new technologies in the ...