Jurnal Citizenship Virtues
Vol. 2 No. 1 (2022): Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pendidikan Karakter dan Perilaku Hidup

Sosialisasi Strategi Meningkatkan Ketahanan Budaya di Masa Pandemi COVID-19 di Desa Banyu Asih Bogor

Suidat, Suidat (Unknown)
Musfida, Aidia (Unknown)
Leginam, Leginam (Unknown)
Syamsudin, Syamsudin (Unknown)
Saepulloh, Asep (Unknown)
Hannan, TB. Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Perubahan sosial akan selalu terjadi sepanjang masa, mengingat perubahan dalam masyarakat dapat mengenai nilaisocial dan norma social. Pola perilaku masyarakat pun terus bergerak, berkembang dan berubah. Pandemi COVID-19 seakan menjadi katalisator penggerak perkembangan budaya melalui daring digital. Pemerintah melakukan berbagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran pandemic COVID-19 secara massif dan sistematis.Fenomena terjadinya pandemic COVID-19 ini merupakan masalah kita bersama. Virus ini tentu merubah alam pikir kita sebagai manusia, perubahan cara bersikap untuk menjalankan protocol kesehatan dan hal tersebut sangat tidak mudah. Strategi budaya untuk mengubah perilaku sangat diperlukan.termasuk di Desa Banyu Asih, Cigudeg Kabupaten Bogor. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan dokumentasi. Data diolah melaluianalisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan literasi, inovasi dan kreativitas akan membawa kemajuan pada kebudayaan secara keseluruhan. Kemajuan ini secara otomatis akan berperan besar dalam hadirnya prestasi, baik bagi olahraga, olah rasa, dan olah karsa sebagai hasil dari keberhasilan investasi budaya yang secara utuh berwujud kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

citizenshipvirtues

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Citizenship Virtues is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state-of-the-art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new technologies in the ...