Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan transformasi pembelajaran yang dilakukan guru PAUD sebelum dan saat pandemi covid-19 di TK Negeri Pembina Atambua. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 guru PAUD dan kepala sekolah TK Negeri Pembina Atambua. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian  kualitatif.  Teknik  dan  instrumen  pengumpulan  data  yang  digunakan adalah   observasi,   wawancara   dan   dokumentasi.   Teknik   analisis   data   yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian mengenai transformsi pembelajaran  yang  dilakukan  guru  PAUD  sebelum  dan  saat  pandemi  covid-19 terjadi perubahan yaitu berupa perangkat pembelajaran dimana sebelum pandemi covid-19 terdapat tiga kegiatan inti sedangkan saat pandemi covid-19 disederhanakan menjadi satu kegiatan inti saja, jadwal pembelajaran juga terjadi perubahan dimana sebelum pandemi covid-19 proses pembelajarannya berlangsung selama 150 menit sedangkan saat pandemi covid-19 pembelajarannya hanya berlangsung selama kurang lebih satu jam, penerapan metode pembelajaran juga terjadi  perubahan  dimana  sebelum  pandemi  covid-19  pembelajarannya menggunkana bermacam-macam metode sedangkan saat pandemi covid-19 hanya menggunakan metode tanya jawab dan pemberian tugas saja dan evaluasi pembelajaran   juga   terjadi   perubahan   dimana   sebelum   pandemi   covid-19 penilainnya dilakukan berdasarkan enam aspek perkembangan anak saat pandemi covid-19 aspek perkembangan fisik motorik tidak dinilai karena tidak ada kegiatan fisik motorik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022