Tedc
Vol 9 No 1 (2015): Jurnal TEDC

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ISLAMIC SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA

Sukma Fitria Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2019

Abstract

Sebagai lembaga yang berbasis keagamaan, bank syariah diharapkan menjadi sebuah panutan ( rolemodel ) bagi lembaga-lembaga bisnis lainnya. Oleh karena itu, perbankan syariah perlu untuk menerapkanPrinsip keterbukaan dalam seluruh aktivitas bisnisnya terhadap stakeholder, dengan mengungkapkanpertanggungjawaban social perusahaan ( corporate social responsibility ). Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengungkapan Corporate Social Responsibilityberdasarkan Global Reporting Initiative Indeks dan Islamic Social Reporting Indeks pada perbankan syariah diIndonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 Bank Umum Syariah yang ada diIndonesia, dengan periode observasi pada tahun 2010-2012. Data yang digunakan adalah data sekunderyang bersumber dari Laporan Tahunan masing-masing perbankan syariah. Penelitian ini merupakan penelitiankuantitatif dengan analisis data menggunakan cara skoring dan regresi linear berganda. Berdasarkan padapenelitian ini ditemukan bahwa secara statistik variabel ukuran perusahaan memiliki pengaruh positifsignifikan terhadap pengungkapan CSR, dan untuk kedua variabel lainnya yaitu profitabilitas dan masajabatan manager secara statistik tidak signifikan terhadap pengungkapan CSR.Katakunci : Corporate Social Responsibility, Global Reporting Initiative Indeks, Islamic Social ReportingIndeks, Bank UmumSyariah.

Copyrights © 2015