Kenyamanan penumpang pesawat terbang khususnya untuk pesawat baling-baling (turboprop) tak terlepas dari kenyamanan dari suara bising di dalam kabin pesawat (“interior noise”) . Bising ini ditimbulkan terutama oleh mesin dan baling-baling pesawat yang bisingnya dominan pada frekwensi rendah. Sudah menjadi sifat alam bahwa material lebih mudah untuk meloloskan frekwensi rendah dibanding frekwensi tinggi. Dengan demikian bahan insulasi badan pesawat secara umum memiliki rugi-rugi transmisi ( tran s mission loss - TL) yang rendah pada frekwensi rendah dan tinggi pada frekwensi tinggi. Akibatnya bising dari baling-baling pesawat sukar ditangani secara pasif seperti dengan pemilihan dan modifikasi material insulasi badan pesawat. Oleh karena itu untuk menanganinya dikembangkan teknologi yang relatif baru, yaitu dengan membuat alat dan sistem yang dinamakan active noise control. Active Noise Control atau ANC adalah pengendalian bising secara aktif, yakni gelombang suara bising diredam dengan cara membuat gelombang suara yang mempunyai frekwensi sama tetapi fasanya berlawanan (1800), sehingga terjadi superposisi dua gelombang akhirnya yang saling menghilangkan. Penggunaan ANC pada beberapa pesawat turboprop telah berhasil menurunkan intesitas kebisingan sampai 10 dBA. Kata Kunci: Active Noise Control (ANC), Transmission Loss (TL), Bising Interior, Pesawat Turboprop
Copyrights © 2018