Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 6 No 2 (2021): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

PENGARUH PEMANFAATAN JAM BELAJAR DI LUAR SEKOLAH DAN PENDAMPINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS II DI SDN 182 INPRES BONTO-BONTO KABUPATEN TAKALAR

Karmila Septiana (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)
Abdul Rahman Pillang (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)
Susalti Nur Arsyad (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian tersebut yaitu untuk mengetahui apakah pemanfaatan jam belajar di luar sekolah dan pendampingan belajar orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar PPKn Siswa kelas II di SDN 182 Inpres Bonto-bonto Kabupaten Takalar. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 13 siswa putra dan 15 siswa putri SDN Negeri 182 Inpres Bonto-bonto Kabupaten Takalar. Pengumpulan data dapat diperoleh dengan menggunakan metode angket atau kuisioner, Hasil penelitian dapat dilihat dengan melakukan pengujian hipotesis secara parsial dengan menggunakan uji t dengan nilai signifikan sebesar 0,04 <0,05. Yang berarti jam belajar di luar sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil perhitungan yang diperoleh dengan cara melihat nilai t adalah sebesar 2.348 dengan tingkat signifikan sebesar 0,04<0,05 artinya pendampingan belajar orang tua dapat meningkatkan hasil belajar dan sangat signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...