Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keefektifan Penggunaan Model Example Non-Example Pada Keterampilan Menulis Puisi Bebas Siswa kelas IV SD Negeri Batulaccu Makassar Tahun Ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif Eksperimen design bentuk One Group Pretest-Posttest. Sample terdiri 2 kelas yang berjumlah 36 siswa. Jenis penelitian ini penelitian Eksperimen siswa yang dipilih adalah siswa kelas IV dengan jumlah sample 36 siswa. Teknik pengambilan sample yaitu dibagi 2 kelas, yang di pilih berupa observasi, tes (pretest-posttest), dan dokumentasi dan teknik analisis data peneliti menggunakan uji-t. Dari Hasil penelitian menunjukan nilai pretest dan posttest memiliki selisih yang signifikan yaitu nilai signifikan (2 tailed) yaitu 0,000 >0,05 maka H1 diterima H0 ditolak. Dengan demikian dapat dismpulkan bahwa model example non-example terhadap hasil belajar menulis puisi bebas siswa.
Copyrights © 2021