Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 6 No 1 (2021): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

STUDI DESKRIPTIF PEMBELAJARAN DARING PADA BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA DI KELAS IIA SD INPRES LANRAKI 1 KOTA MAKASSAR

Junita Lambi (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)
Syahriah Madjid (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)
Nursamsilis Lutfin (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran daring pada bidang studi bahasa indonesia serta hambatan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IIA dan siswa kelas IIA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran daring pada bidang studi bahasa indonesia serta hambatan pembelajaran dimana dalam pelaksanaannya guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan menggunakan media serta metode pembelajaran, namun adapun hambatan dalam pembelajaran yaitu bagi siswa yang sulit memahami materi pelajaran dan bagi guru yang mengalami kesulitan mengimplementasikan pembelajaran daring terutama bidang studi bahasa indonesia di kelas IIA. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada bidang studi bahasa indonesia, nilai yang diperoleh siswa kelas IIA pada bidang studi bahasa indonesia menunjukkan bahwa siswa kelas IIA dapat dikatakan tuntas karena semua siswa telah mencapai nilai ketuntasan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan yaitu 75.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...