Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran daring pada bidang studi bahasa indonesia serta hambatan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IIA dan siswa kelas IIA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran daring pada bidang studi bahasa indonesia serta hambatan pembelajaran dimana dalam pelaksanaannya guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan menggunakan media serta metode pembelajaran, namun adapun hambatan dalam pembelajaran yaitu bagi siswa yang sulit memahami materi pelajaran dan bagi guru yang mengalami kesulitan mengimplementasikan pembelajaran daring terutama bidang studi bahasa indonesia di kelas IIA. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada bidang studi bahasa indonesia, nilai yang diperoleh siswa kelas IIA pada bidang studi bahasa indonesia menunjukkan bahwa siswa kelas IIA dapat dikatakan tuntas karena semua siswa telah mencapai nilai ketuntasan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan yaitu 75.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021