Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 6 No 1 (2021): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 68 PINRANG

Novieser Parombean (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)
Asdar Asdar (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)
Tismi Dipalaya (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan hasil belajar dalam pembelajaran tematik di masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas V UPT SD Negeri 68 Pinrang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V yang berjumlah 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi dan uji regresi linear.Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi rxy 0,556 adalah positif dan lebih besar dari rtabel 0,396 (rhitung > rtabel) artinya minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa selama masa pandemi Covid-19. Dari uji t yang dilakukan dihasilkan lebih besar thitung dari ttabel yaitu thitung sebesar 3,277 dan ttabel (db=24), sebesar 1,711 taraf signifikan 5%, jadi thitung ˃ ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Dari pengujian hipotesis terbukti bahwa “Ada hubungan antara minat belajar dan hasil belajar dalam pembelajaran tematik di masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas V UPT SD Negeri 68 Pinrang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...