Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dengan materi IPS kepahlawanan dan patriotisme dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Inpres Panaikang II/1 Makasar yang berjumlah 30 siswa, terdiri atas 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi observasi dan tes (pilihan ganda) yang dilakukan pada akhir pertemuan tiap siklus. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes berbentuk pilihan ganda dan lembar observasi proses belajar guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPS pada materi Kepahlawanan dan Patriotisme telah berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Inpres Panaikang II/1 Makassar. Adapun peningkatan prestasi belajar siswa terlihat dari pencapaian nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75 yaitu, pada pra tindakan, ketuntasan hasil belajar siswa baru mencapai 30 (%), nilai rata-rata 58,67. Pada siklus I ketuntasan prestasi belajar siswa mencapai 60 % nilai rata-rata 67,33. Pada siklus II hasil siswa yang mencapai nilai KKM 75 sebanyak 83 (%), nilai rata-rata 75, selisih peningkatan nilai siklus I ke siklus II sebanyak 23 (%), dengan selisih nilai rata-rata antara siklus I dan siklus II yaitu 7,67. Berdasarkan hasil di atas diharapkan agar seluruh siswa aktif dan dapat bekerjasama baik dengan siswa maupun siswa dengan guru dalam pembelajaran/diskusi kelompok kecil pada pelajaran IPS, sehingga terjadi peningkatan prestasi belajar sesuai yang diharapkan
Copyrights © 2020