Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 5 No 1 (2020): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

PENINGKATAN KOMPETENSI MEMAHAMI CERITA MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V SDN SUDIRMAN II MAKASSAR

Nurul Istiqamah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)
Asdar Asdar (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas V SDN Sudirman II Makassar dalam pembelajaran memahami cerita. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Sudirman II Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. pada siklus I nilai rata-rata mencapai 65,94. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 88,08, mengalami peningkatan sebesar 22,14 poin dari siklus I. Dari hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa penggunaan strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...