Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 4 No 2 (2019): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI ALAT PERAGA KARTU GESER PADA SISWA KELAS I SD INPRES BANGKEN BONTO KECAMATAN ULUERE KABUPATEN BANTAENG

Rahayu Rahayu (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)
Mas’ud Muhammadiah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat melalui alat peraga kartu geser pada siswa kelas I SD Inpres Bangken Bonto. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I sebanyak 14 orang, yang terdiri dari 7 laki-laki dan 7 perempuan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan tanggapan siswa pada dua siklus yang masing-masing dilaksanakan 4 kali pertemuan. Observasi dilakukan setiap proses pembelajaran berlangsung dan tanggapan siswa tentang penggunaan alat peraga kartu geser yaitu diambil pada akhir siklus II. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriftif kualitatif. Hasil yang dicapai setelah penggunaan alat peraga kartu geser mengalami peningkatan, baik dari segi perubahan sikap siswa, keaktifan dan kesungghan serta motivasi siswa belajar matematika. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 71,78 dengan standar deviasi 11,37 yang berada pada kategori cukup, kemudian pada siklus II menjadi 78,92 dengan standar deviasi 12,89 yang berada pada kategori baik. Selain itu, ketuntasan klasikal juga meningkat dari 50% menjadi 85,71%. Untuk observasi mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu kehadiran 80,35% menjadi 92,85%, memperhatikan materi 83,92% menjadi 91,07%, mendemostrasikan alat peraga kartu geser 37,05% menjadi 46,42%, mengajukan pertanyaan 33,92% menjadi 50%, menyelesaikan soal dipapan tulis 41,07% menjadi 57,14%, mengerjakan soal atau tes 60,71% menjadi 82,14%, aktif dalam kelompok 69,64% menjadi 89,28%, dan mengalami penurunan bimbingan guru dalam menyelesaikan soal-soal atau LKS 69,64% menjadi 32,14%. Keaktifan dan rasa percaya diri siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar juga menunjukkan adanya kemauan dan kesungguhan yang nampak dari hasil observasi pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hal tersebut di atas mengindikasikan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas I SD Inpres Bangken Bonto dapat ditingkatkan melalui penggunaan alat peraga kartu geser.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...