THEOREMA : The Journal Education of Mathematics
Vol 2 No 1 (2021): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics

Analisis Deskriptif Kemampuan Pemahaman Matematis pada Pokok Bahasan Lingkaran di SMPN 26 Kabupaten Sorong Kelas VIII

Manggewa, Riki (Unknown)
Raharja, Surya Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis pada pokok bahasan lingkaran di SMPN.26 Kabupaten Sorong kelasa VIII. Penelitian ini digunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 26 Kabupaten Sorong berjumlah 9 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kemampuan pemahaman matematis tingkat tinggi mencapai aspek (translation, interpretasi , dan ekstrapolation), sedangkan siswa dengan tingkat kemampuan pemahaman matematis tingkat sedang mencapai aspek (translation, dan interpretasi).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

THEOREMA

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Theorema: The Journal Education of Mathematics merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Jurnal ini bertujuan sebagai tempat publikasi hasil penelitian dan pemikiran pada bidang ...