Jurnal Gantang
Vol 2 No 2 (2017): Matematika dalam Perspektif Kehidupan dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran yang

Memfasilitasi Penalaran Geometri Transformasi Siswa Melalui Eksplorasi Motif Melayu dengan Bantuan Grid

Febrian Febrian (Universitas Maritim Raja Ali Haji)
Sukma Adi Perdana (Universitas Maritim Raja Ali Haji)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2017

Abstract

Geometri transformasi merupakan pengetahuan yang krusial dalam geometri yang dapat membangun banyak kemampuan lainnya seperti penalaran matematis. Oleh karena itu, geometri transformasi disarankan untuk diberikan pada pebelajar mulai dari usia dini. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa anak-anak memiliki ‘sense’ untuk melihat karakteristik kedinamisan pada benda, oleh karena itu memfasilitasi pembelajaran yang dapat memanfaatkan sense ini menjadi sangat penting untuk membangun pemahaman geometri transformasi. Penelitian design research ini bertujuan untuk memfasilitasi siswa sekolah dasar untuk dapat mengembangkan pengetahuan awal mereka mengenai komposisi transformasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Toapaya, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah PMRI dengan konteks motif melayu itik pulang petang dengan bantuan grid. Hasil menunjukkan bahwa setting pembelajaran dapat memfasilitasi penalaran geometri transformasi melalui kegiatan eksplorasi motif dengan bantuan grid. Kata Kunci: komposisi transformasi, penalaran, motif melayu, grid, PMRI Transformation geometry is a crucial knowledge in geometry that can emerge many skills especially mathematical reasoning. Therefore, transformation geometry is suggested to be taught to children especially the young learners. Existing research implies that children have particular sense to see dynamic characteristic of an object or others. On the behalf of this statement, facilitating students in learning process that makes use of this students’ sense becomes important to undertake to help develop students’ reasoning of transformation geometry. The subtopic being highlighted is the composition of transformation. This design research aims to facilitate this situation. The subject of the research is fourth graders of the State Elementary School of 001 at Toapaya, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. The learning approach used was PMRI by using the context of malay motif itik pulang petang with the help of grid. Result indicates that this learning setting could facilitate the reasoning of transformation geometry by doing exploration on motif by the help of grid. Keywords: transformation composition, reasoning, malay motif, grid, PMRI

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

gantang

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Gantang is a peer-reviewed journal. Jurnal Gantang is published two numbers per year by Raja Ali Haji Maritime University, Tanjungpinang, Riau Islands, Indonesia. The articles written for Jurnal Gantang are state-of-the-art research articles in the field of Mathematics Education. Starting in ...