Jurnal Gantang
Vol 6 No 2 (2021): Jurnal Gantang

Pengaruh Model Pembelajaran Ditinjau dari Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Kelas VIII SMP Negeri 3 Gelumbang

Risa Rahmatia Firsta (Universitas Sriwijaya)
Mochammad Syahrul Azhar (Universitas Pekalongan)
Fita Khoirunnisa (Universitas Pekalongan)
Ratu Ilma Indra Putri (Universitas Sriwijaya)
Jeri Araiku (Universitas Sriwijaya)
Novita Sari (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh perbedaan gaya belajar dan model pembelajaran terhadap hasil belajar kelas VII SMP Negeri 3 Gelumbang. Siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Gelumbang merupakan sampel yang digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian ini berjumlah 53 siswa. Penelitian ini menggunakan uji Anova 2 jalur berbantuan aplikasi SPSS. Uji Prasyarat yang digunakan adalah Uji Shapiro Wilk dan uji Leven Statistic. Nilai Sig. yang didapat untuk uji anova 2 jalurnya adalah 0,517 > 0,05 sehingga hasil yang kita peroleh adalah : (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa; (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar yang digunakan siswa terhadap hasil belajar yang mereka dapatkan; (3) tidak ada interaksi antara gaya belajar dan model pembelajaran terhadap hasil belajar. Hasil yang kta dapat ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti : (1) Intrumen yang diujikan tidak mencakup tujuan pembelajaran & (2) Instrumen yang diberikan bersifat abstrak. Penggunaan instrument yang tepat dan sesuai dapat membantu untuk penelitian lainnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

gantang

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Gantang is a peer-reviewed journal. Jurnal Gantang is published two numbers per year by Raja Ali Haji Maritime University, Tanjungpinang, Riau Islands, Indonesia. The articles written for Jurnal Gantang are state-of-the-art research articles in the field of Mathematics Education. Starting in ...