Al Jahiz: Journal of Biology Education Research
Vol 3 No 1 (2022): Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, Juni 2022

Perbandingan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan The Power of Two terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Reproduksi

Tika Mayang Sari (IAIN Metro)
Asih Fitriana Dewi (IAIN Metro)
Sri Wahyuni (IAIN Metro)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil kemampuan kognitif dengan menggunakan model pembelajaran think pair share dan model pembelajaran the power of two pada pembelajaran biologi di MAN Maguwoharjo Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi yang digunakan adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang terdiri dari 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan pretest dan posttest, dengan instrumen soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan SPSS dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran biologi pada materi sistem reproduksi dengan menggunakan model pembelajaran think pair share dan the power of two. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil analisis uji t yang memiliki nilai sig (0,001) < α 0,05. Berdasarkan nilai rata-rata dari gain score hasil pembelajaran menggunakan model the power of two lebih tinggi dibandingkan dengan think pair share. Model pembelajaran the power of two memiliki rata-rata gain score sebesar 6,47 sedangkan think pair share memiliki rata-rata 4,47. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran the power of two memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil kognitif think pair share.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Al-Jahiz

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al Jahiz: Journal of Biology Education Research. Receives and publishes scientific articles from research in the field of biology education and the use of biological research in learning. Special emphasis is as follows: (1) Research on Biology / Science Learning at all levels of education. (2) Pure ...