Kurikula Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 1 (2019): Kurikula : Jurnal Pendidikan

MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN SIMULASI DENGAN BANTUAN PAPAN KREATIF UNTUK MENGEMBANGKAN KECAKAPAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO

Pramudya Elentika (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecakapan sosial emosional anak TK kelompok B serta untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran permainan simulasi dalam mengembangkan kecakapan sosial emosional di TK. Jenis penelitiannya adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall dengan enam langkah pengembangan, yaitu: (1) analisis kebutuhan model; (2) mengembangkan produk awal; (3) Validasi dan revisi; (4) Uji coba kelompok kecil; (5) Uji Coba Kelompok Besar; (6) Produk Akhir. Subjek dalam Penelitian ini adalah anak TK Bhakti Siwi kelompok B. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, angket dan tes.Penggunaan model pembelajaran permainan simulasi dengan bantuan papan kreatif lebih efektif dalam mengembangkan kecakapan sosial emosional. Perolehan hasil belajar pada pretest kelas eksperimen dan pada kelas control adalah 60 namun pada posttest pada kelas eksperimen terdapat peningkatan 80,67 dan kelas kontrol sebesar 71. Hasil observasi kegiatan sosial emosional anak kelompok B kelas eksperimen lebih terlihat efektif dibandingkan pada kelas control. Kesimpulan penggunaan model pembelajaran permainan simulasi yaitu dapat memudahkan anak mengembangkan sikap kooperatif dengan teman, mengembangkan rasa simpati, dan mampu menaati peraturan yang diterapkan.Model pembelajaran ini memerlukan guru yang mampu memfasilitasi anak dalam bermain permainan simulasi, seperti mengkoordinasikan anak dan membacakan indikator kegiatan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

kurikula

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kurikula : Jurnal Pendidikan (ISSN : 2548-6063 - E-ISSN : 2746-4903) is a peer-reviewed journal on education in the Muslim world. This journal is published by the Faculty of Tarbiyah, Institut Agama Islam Ngawi. Editors welcome scholars, researchers, and practitioners of education around the world ...