Journal Of Biology Education Research (JBER)
Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 Nomor 1 November 2020

Pengembangan Games Moneter (Monopoly Vertebrata) Sebagai Media Pembelajaran Siswa

Abdul Kharom (Unknown)
Susi Sutjihati (Unknown)
Rifki Risma Munandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

AbstrakBiologi merupakan mata pelajaran yang dianggap relatif sulit oleh kebanyakan siswa dan cenderung membosankan, untuk itu perlunya penggunaan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dengan pembelajaran yang menyenangkan. Salah satunya adalah media permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Games Moneter (Monopoly Vertebrata) sebagai media pembelajaran siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari hingga Juni 2020. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model 4-D (Define, Design, Development, dan Disseminate) dengan data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan hingga tahap Development atau hanya pada tahap pengembangan media dengan penilaian 10 validator yang meliputi 5 orang dosen dan 5 orang guru Biologi SMA. Hasil penelitian didapat bahwa media Games Moneter (Monopoly Vertebrata) dikategorikan sangat valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan persentase nilai dari 10 validator sebesar 91,5%. Kata kunci: Media Pembelajaran, Biologi, Games Moneter

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jber

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science

Description

Journal of Biology Education Research (JBER) publishes original research or theoretical papers, literature review on new knowledge of research, and research application that emphasize issues germane to Biology and Biology Education. Special emphasis is placed on research relevant to Biology ...