Jurnal Berdaya Mandiri
Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Berdaya Mandiri (JBM: EDISI KERJASAMA STIE EKUITAS BANDUNG)

PELATIHAN METODE FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA DI SMP AL BAYAN WIRADESA

Nur Baiti Nasution (Universitas Pekalongan)
Syita Fatih 'Adna (Universitas Negeri Tidar Magelang)
Hanindya Restu Aulia (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pekalongan)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2022

Abstract

SMP Islam Al Bayan Wiradesa merupakan salah satu sekolah yang telah menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) pada pertengahan tahun 2021 ini meskipun di tengah masa pandemic. Meskipun demikian, PTM yang terlaksana pun tidak optimal mengingat sekolah harus senantiasa tetap mematuhi protokol kesehatan. Dengan aturan tersebut, waktu belajar di sekolah lebih sedikit sehingga banyak materi pelajaran yang tidak dapat disampaikan oleh guru. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk mengefisienkan waktu adalah metode flipped classroom. Metode ini dapat digunakan pada pembelajaran daring ataupun luring dan telah terbukti dapat  meningkatkan tingkat partisipasi siswa pada pembelajaran di kelas. Untuk itu kegiatan PKM ini akan bertujuan memberikan iptek kepada guru-guru SMP Islam Al Bayan agar dapat menerapkan metode flipped classroom dalam pembelajaran di kelas, khususnya pada mata pelajaran  Matematika dan Bahasa Indonesia. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa metode flipped classroom dapat digunakan untuk mengoptimalkan waktu belajar di era new normal.

Copyrights © 2022