Jurnal Berdaya Mandiri
Vol. 4 No. 2 (2022): JURNAL BERDAYA MANDIRI (JBM)

BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA SECARA DARING UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN MARGOMULYO

Teguh Prasetyo (Universitas Djuanda Bogor)
Zelika Afaria (Universitas Djuanda Bogor)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Program bimbingan belajar dari rumah yang biasa disebut dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini dilaksanakan secara mandiri di rumah masing-masing. Namun, banyak orang tua mengeluh tentang belajar dari rumah karena merasa  mereka terima selama bertahun-tahun, terutama dalam matematika. Penulis melakukan program bimbingan belajar matematika untuk siswa sekolah dasar melalui pengabdian masyarakat di Dusun Jamblangan Desa Margomulyo. Program bimbingan belajar matematika dari rumah ini dilakukan melalui media Video WhatsApp bagi siswa yang mengikuti program ini. Kegiatan ini dilakukan dalam empat tahap yaitu, (1) pengecekan ketuntasan belajar siswa; (2) menjelaskan materi yang ditanyakan; (3) membiarkan siswa mengerjakan tugas sesuai dengan yang telah dijelaskan; dan (4) menilai hasil belajar. Hasil bimbingan belajar matematika dari rumah yang dilaksanakan secara daring ini menjadi kegiatan tambahan belajar siswa SD untuk penguatan materi-materi belajar di sekolah. Namun, seperti diketahui bahwa kemampuan setiap siswa dalam menerima pembelajaran berbeda-beda. Oleh karena itu, diperlukan perhatian dan kesabaran khusus bagi siswa yang sulit mengikuti pelajaran di masa pandemi

Copyrights © 2022