Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 01 (2015): Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika

Analisis Proses Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Matakuliah Matematika Diskrit Mahasiswa Matematika Program Reguler Mandiri FKIP Universitas Jambi

Nizlel Huda (Unknown)
Dewi Iriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil analisis proses berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pada matakuliah Matematika Diskrit Program Reguler Mandiri Tahun FKIP Universitas Jambi Tahun Angkatan 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitian diambil 2 orang mahasiswa yang mempunyai kemampuan terendah pada mata kuliah Matematika Diskrit. Subjek penelitian diambil berdasarkan hasil pengujian matematika diskrit yang dilakukan beberapa kali sampaidiperoleh subjek penelitian yang jenuh. Hasil penelitian diperoleh proses berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah Matematika Diskrit Program Reguler Mandiri FKIP Universitas Jambi Tahun Angkatan 2012/2013 masih rendah karena mahasiswa belum memenuhi ketrampilan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal-soal. Demikian juga kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pada matakuliah Matematika Diskrit Program Reguler Mandiri FKIP Universitas Jambi Tahun Angkatan 2012/2013 masih rendah karena mahasiswa belum memenuhi langkah-langkah pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal-soal. Kata Kunci : Proses berpikir kritis, Kemampuan pemecahan matematika

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

edumatica

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Edumatica Journal is a journal on mathematics education. The Journal publishes articles of research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many ...