Global Journal Basic Education
Vol 2 No 4 (2023): November

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS VII.2 SMPN 2 PEKANBARU TAHUN PELAJARAN 2021/2022

UTARI, SRI (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA khususnya materi energi dalam system kehidupan dengan menggunakan model Problem Based Learning. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.2 SMP Negeri 2 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2021/2022. Rata-rata hasil belajar peserta didik hanya mendapat 54,5 dan ketuntasan belajar peserta didik hanya mencapai 30%. Berangkat dari permasalahan tersebut maka harus diadakan tindakan perbaikan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian terhadap 20 orang peserta didik kelas VII.2 di SMP Negeri 2 Pekanbaru menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan tersebut dapat terlihat pada masing-masing aspek yang diukur dalam penelitian ini dari siklus 1 ke siklus III. Aspek pengetahuan pada siklus 1 mencapai 60% ketuntasan, siklus 2 mencapai 80% ketuntasan dan siklus 3 yang mencapai 95% ketuntasan serta keterampilan yang mengalami perkembangan yang signifikan dengan bertambah nya peserta didik yang tuntas mulai dari siklus I ke siklus III. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII.2 SMP Negeri 2 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2021/2022 materi energi dalam system kehidupan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...