Insan Cita Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 4, No 2 (2022): Agustus 2022 - Insan Cita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Alternatif Pengganti Semen Dalam Pembuatan Paving Block

Rasid, Ayub Usman (Unknown)
Ernikawati, Ernikawati (Unknown)
Moonti, Roy Marthen (Unknown)
Adipu, Yulianty (Unknown)
Nuna, Muten (Unknown)
Malapo, Firanda (Unknown)
Arafa, Rifaldi (Unknown)
Kaharu, Ilham Akbar (Unknown)
Haris, Moh. Zulfikar Abd. (Unknown)
Kiwo, Yowines (Unknown)
Kiwo, Namiron (Unknown)
Labaco, Nurain (Unknown)
Labuna, Siti Rahma (Unknown)
Albakir, Riyan R. (Unknown)
Salindeho, Feiby Lelyta (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Sampah plastik menjadi salah satu sumber masalah pencemaran lingkungan. tumpukan sampah di tempat pembuangan sampah akhir di Kabupaten Pohuwato, akan menjadi masalah serius apabila tidak dicari cara penyelesaiannya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berbentuk penyuluhan dan pelatihan mengolah limbah plastik menjadi paving block yang diberikan kepada mitra kelompok masyarakat di lokasi tempat pembuangan akhir sampah di Desa Teratai. Pemberian penyuluhan dan pelatihan ini diharapkan menjadi proses pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam pemanfaatan limbah plastik sehingga bermanfaat secara ekonomis bagi masyarakat karena mempunyai nilai jual tinggi. Tahap pelaksanaan pada kegiatan ini berupa  penyuluahan dan pelatihan pembuatan paving block. Hasil dari kegiatan ini adalah mitra bisa membuat paving block dari limbah plastik dan memiliki inovasi kewirausahaan dan pemasaran produk.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

insancita

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

1) community service and local food security; 2) training, marketing, appropriate technology and design; 3) community empowerment and social access; 4) student community service; 5) development of underdeveloped areas; and 6) education for sustainable ...