Insan Cita Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 2, No 2 (2020): Agustus 2020 - Insan Cita Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Peningkatan Perilaku Sehat Khususnya Cara Mencuci Tangan Pakai Sabun Dan Menggosok Gigi Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 21 Limboto Kelurahan Tilihuwa Kecamatan Limboto

Ririn Pakaya (Universitas Gorontalo)
Lisa Djafar (Universitas Gorontalo)
Marselia Sandalayuk (Universitas Gorontalo)
Yeni Paramata (Universitas Gorontalo)
Yanti Hz Hano (Universitas Gorontalo)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Anak usia sekolah merupakan kelompok usia yang kritis karena pada usia tersebut rentan terhadap masalah kesehatan. Masalah kesehatan yang sering timbul pada usia anak sekolah yaitu gangguan perilaku, gangguan perkembangan fisiologis hingga gangguan dalam belajar dan juga masalah kesehatan umum. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat anak siswa SDN 21 Limboto Kelurahan Tilihuwa Kecamata Limboto Kabupaten Gorontalo, dalam penerapan personal hygiene yang baik dari mulai mencuci tangan sampai dengan menggosok gigi. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan penyuluhan tentang mencuci tangan serta menggosok gigi, setelah itu dilakukan praktek mencuci tangan dan menggosok gigi. Hasil yang diperoleh yaitu berupa peningkatan pemahaman, pengetahuan serta penerapan anak siswa SDN 21 Limboto cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang baik dan benar, sehingga dapat mengurangi angka kesakitan pada anak yang disebabkan tidak terlaksananya personal hygiene dengan baik. Kata kunci : Perilaku sehat,Mencuci Tangan, Menggosok Gigi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

insancita

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

1) community service and local food security; 2) training, marketing, appropriate technology and design; 3) community empowerment and social access; 4) student community service; 5) development of underdeveloped areas; and 6) education for sustainable ...