Peningkatan perkembangan ABK harus selalu dilaksanakan di rumahdan sekolah. Peningkatan Perkembangan ABK yang dilakukan oleh pihakguru dan orang tua kurang maksimal, dikarenakan guru belum optimalmengelola suasana hubungan dan menciptakan lingkungan yang nyaman danmenyenangkan di sekolah, begitu juga orang tua belum optimal mengelolahubungan dan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk perkembanganABK di rumah. Guru dan orang tua harus ditingkatkan kompetensi kognitif,afektif dan psikomotornya. Dengan berbagai keterbatasan yang dimiliki ABK,guru dan orangtua kemungkinan besar akan semakin sulit dalam meningkatkanperkembangan ABK. Tujuan pembahasan ini adalah menggambarkan penerapanmanajemen iklim budaya sekolah dalam meningkatkan perkembangan ABK.Oleh karena itu, dalam pembahasan ini akan menguraikan tentang bagaimanamanajemen iklim budaya sekolah dalam meningkatkan perkembangan ABK.Manajemen iklim budaya sekolah itu sebagai hasil penelitian pada beberapasekolah di tingkat SLTA, SLTP dan Tingkat Dasar. Pembahasan dalamartikel ini sangat didasari oleh hasil penelitian tersebut.
Copyrights © 2019