Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keaktifan siswa dan keterampilan membaca permulaan yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dan keterampilan membaca permulaan menggunakan metode global. Penelitian ini berlangsung selama tiga siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SDN Kebalen 07 yang berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dan keterampilan membaca permulaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Setelah diterapkan metode global diperoleh hasil keaktifan siswa yaitu terlihat adanya peningkatan persentase pratindakan mendapatkan nilai 70 atau lebih sebesar 32%, menjadi 61,76% pada siklus I, kemudian terjadi peningkatan 70,5% pada siklus II, dan 82,3% pada siklus III. Siklus dihentikan karena hasil yang diperoleh siswa telah mencapai target melebihi 80%. Dan diperoleh hasil keterampilan membaca permulaan yaitu terlihat adanya peningkatan persentase pratindakan mendapatkan nilai 75 atau lebih sebesar 35%, menjadi 61,76% pada siklus I, kemudian terjadi peningkatan 73,5% pada siklus II, dan 85,2% pada siklus III Berdasarkan hasil penelitian, ada peningkatkan keaktifan siswa dan keterampilan membaca permulaan setelah diterapkan metode global pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN Kebalen 07 Babelan Bekasi.
Copyrights © 2018