Penelitian yang berjudul “Eefektifitas Buku Catatan Harian terhadap Kebiasaan Menulis dan dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa di Sekolah Dasar” yangdilakukan di SDN Sukamenak Kabupaten Subang Jawa Barat dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kebiasaan dan keterampilan menulis siswa. Menulis dianggap sebagai kegiatan yang sangat komplek dan sulit untuk dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen yang membagi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen digunakan buku catatan harian sebagai media yang digunakan dalam pembelajaran menulis. Hasil penelitian yang dilakukan terungkap bahwa Buku catatan harian cukup berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian bisa disarankan bagi guru untuk mengarahkan siswa dalam menulis terutamadalam hal kerapihan dan penggunaan huruf tegak bersambung. Kemampuan siswa dalam menulis harus terus diterapkan di sekolah khususnya pada tingkat sekolah dasar sehingga terasah semenjak dini. Selain itu, penggunaan media dalam pembelajaran menulis akan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar
Copyrights © 2013