Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4 No 1 (2016): PEDAGOGIK : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR MELALUI METODE ROLE PLAYING

Kori Sundari (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2016

Abstract

Masalah penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa yang masih rendah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SDN Bojong Rawal umbu II antar alainsiswater lihat kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajarsiswa dengan menggun akan metode Role PlayingMetode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu dengan 3 siklus. Pengumpulan data berupa pengamatan (observasi) dengan mengisi lembar observasi aktivitas belajar siswa. Dengan sampel berjumlah 38 siswa.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pada siklus I 62.23%, siklus II 75.96% dan siklus III rata-rata mencapai 85,11%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Role Playing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Metode Role Playing di rekomendasikan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Pedagogik Berisi tulisan tentang pendidikan dasar yang berkaitan dengan : Teori dan praktek pembelajaran serta gagasan konseptual, Bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar, Hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah ...