Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahamankonsep siswa antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) danRealistik Mathematic Education (RME) pada mata pelajaran Matematika kelas IVsemester ganjil di SDIT Darul Hasani Kabupaten Bekasi. Penelitian ini merupakanpenelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experimental Designdengan menggunakan Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design.Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang untuk kelaseksperimen I dan 27 orang untuk kelas eksperimen II. Dari hasil perhitungandiperoleh thitung sebesar 2,37 dan ttabel dengan taraf signifikansi sebesar 0,05sebesar 2,00. Dari hasil nilai rata-rata posttest pada kelas ekperimen I sebesar79,25 dan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen II sebesar 86,07. Karenathitung ≥ ttabel (2,37 > 2,000) maka Ho ditolak dan Hi diterima. Hasil perhitungan NGainpemahaman konsep siswa kelas eksperimen I memperoleh nilai sebesar0,74 berkategori “tinggi”, dan hasil perhitungan N-Gain kelas eksperimen IImemperoleh nilai sebesar 0,77 berkategori “tinggi”. Sehingga dapat ditarikkesimpulan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa yangmenggunakan model pelajaran Problem Based Learning (PBL) dan RealisticMathematic Education (RME) pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SDITDarul Hasani Kabupaten Bekasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018