Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 7 No 1 (2019): PEDAGOGIK : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN AREN JAYA VIII BEKASI TIMUR

Arrahim Arrahim (Universitas Islam 45 Bekasi)
Nurul Kamalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsepMatematika melalui model pembelajaran Open Ended earning pada siswa kelasIV SD SDN Aren Jaya VIII Bekasi Timur. Metode penelitian yang digunakan adalahmetode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berlangsung selama dua siklus dimanasetiap siklusnya tiga kali pertemuan yang meliputi tahap perencanaan,pelaksanaan, penilaian dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakandalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan databerupa lembar checklist dan tes tertulis berupa uraian yang diberikan pada akhirpembelajaran setiap pertemuan kedua.Hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan pemahaman konsepsiswa yang dilihat dari setiap siklusnya. Pada siklus I dapat dilihat dari hasil nilairata-rata yaitu 39,75 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 3,13%. Padasiklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 59,84 dengan persentase ketuntasanklasikal sebesar 46,88%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Pedagogik Berisi tulisan tentang pendidikan dasar yang berkaitan dengan : Teori dan praktek pembelajaran serta gagasan konseptual, Bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar, Hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah ...