Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsepMatematika melalui model pembelajaran Open Ended earning pada siswa kelasIV SD SDN Aren Jaya VIII Bekasi Timur. Metode penelitian yang digunakan adalahmetode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berlangsung selama dua siklus dimanasetiap siklusnya tiga kali pertemuan yang meliputi tahap perencanaan,pelaksanaan, penilaian dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakandalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan databerupa lembar checklist dan tes tertulis berupa uraian yang diberikan pada akhirpembelajaran setiap pertemuan kedua.Hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan pemahaman konsepsiswa yang dilihat dari setiap siklusnya. Pada siklus I dapat dilihat dari hasil nilairata-rata yaitu 39,75 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 3,13%. Padasiklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 59,84 dengan persentase ketuntasanklasikal sebesar 46,88%.
Copyrights © 2019