Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa daripenilaian ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik dengan menerapkanpendekatan matematika akhlak berbantuan media kartu kaligrafi. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengansubjek penelitian berjumlah 40 siswa di MI AL-Hikmah Bekasi. Data dikumpulkan melalui tes,observasi, wawancara, catatan lapangan dan angket. Hasil penelitian yang telah dilakukanmenunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan penerapan pendekatanmatematika akhlak berbantuan media kartu kaligrafi dapat meningkatkan hasil belajarsiswa. Dapat dilihat dari hasil belajar matematika yang diperoleh rata-rata hasil belajar padasiklus I sebesar 73,37 dengan ketuntasan belajar sebesar 42,5%. Siklus II diperoleh rata-ratahasil belajar siswa sebesar 83,19 dengan ketuntasan belajar sebesar 100%. Kesimpulanpenelitian ini adalah penerapan pendekatan matematika akhlak berbantuan media kartukaligrafi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI AL-Hikmah Bekasi.
Copyrights © 2019