Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 7 No 2 (2019): PEDAGOGIK : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA ANTARA MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DAN MODEL MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) DI KELAS V SD NEGERI DUREN JAYA I BEKASI

Arrahim Arrahim (Universitas Islam 45 Bekasi)
Rafida Kasim (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Islam 45 Bekasi)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika antara menggunakan model Realistic Mathematics Education (RME) dan model Means Ends Analysis (MEA). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Quasi Experimental Design dengan menggunakan Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design. Pada kelas eksperimen I menggunakan model Realistic Mathematics Education (RME), sedangkan kelas eksperimen II menggunakan model Means Ends Analysis (MEA). Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Purposive Sampling. Sampel penelitian memiliki jumlah siswa sama pada kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yaitu sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan pre-test kelas eksperimen I sebesar 70,086, dan post- test sebesar 83,29. Kelas eksperimen II menunjukkan pre-test sebesar 71,8 dan post-test sebesar 86,2. Analisis uji-t diperoleh thitung2,17 dengan taraf signifikan 0,05, dan diperoleh ttabelsebesar 1,99. Ini berarti thitungttabel, 2,17 1,99 maka Ho ditolak dan Hi diterima. Artinya terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika antara menggunakan model Realistic Mathematics Education (RME) dan model Means Ends Analysis (MEA) di Kelas V SD Negeri Duren Jaya I Bekasi. Dari hasil penelitian ini, model MEA lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan model RME.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Pedagogik Berisi tulisan tentang pendidikan dasar yang berkaitan dengan : Teori dan praktek pembelajaran serta gagasan konseptual, Bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar, Hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah ...