Penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika pada SD Kota Bekasi” ini dilatarbelakangi kurang maksimal nya hasil belajar matematika pada kelas IV SD Bani Saleh 1 Kota Bekasi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh dari metode Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas SD Kota Bekasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan sampel seluruh siswa kelas IV sebanyak 38 siswa dimana 19 siswa kelas eksperimen dan 19 kelas adalah kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest, dan posttest dengan soal berbentuk essay sebanyak 7nomor soal. Berdasarkan hasil penelitian, kelas eksperimen pada saat pretest memiliki rata-rata kelas sebesar 68,16 dan setelah treatment menggunakan metode CTL rata-rata kelas menjadi 89,21. Meningkatnya rata-rata pada post-test mengindikasikan bahwa pembelajaran menggunakan metode CTL dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa. Keberhasilan belajar juga ditandai dengan peningkatan hasil belajar berdasarkan uji N-gain dengan perolehan rata-rata 0,69 yang masuk dalam kategori sedang bahkan nyaris masuk ke dalam kategori tinggi. Sementara Hasil analis uji wilcoxon antara kelas kontrol dan eksperimen diperoleh Asymp.sig.(2-tailed) 0,006< 0,05 yang berarti pembelajaran antara kelas kontrol dan kelas eksperimen terdapat perbedaan ini menunjukkan bahwa metode CTL berpengaruh positif terhadap siswa dalam meningkatkan hasil belajar pada materi bangun ruang.
Copyrights © 2020